Minggu, 15 Februari 2009

Faktor yg mempengaruhi pertumbuhan kucing

Faktor Karakteristik Kucing

Ras:
Seperti sebagian besar spesies lainnya, makin besar ukuran spesies tersebut, makin lama waktu yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang.

Jenis Kelamin:
Jantan mempunyai laju pertumbuhan lebih cepat dari betina dan biasanya periode pertumbuhan kucing jantan lebih lama beberapa minggu dari kucing betina.
Oleh karena itu kucing jantan biasanya lebih besar dan lebih berat dibandingkan betina.

Gen:
Bapak & Ibu kucing masing-masing menurunkan setengah sifat genetik mereka pada anaknya. Sifat-sifat ini bisa berupa bentuk tubuh dan pertumbuhan.

Hormon:
beberapa hormon pertumbuhan diproduksi oleh anak kucing. Kebiri/steril kucing pada umur muda tidak mempengaruhi laju pertumbuhannya.
Pertumbuhan sangat dipengaruhi kualitas tidur anak kucing.Jangan ganggu anak kucing ketika sedang tidur, karena akan mengganggu laju pertumbuhannya.

Faktor Lingkungan

Kebersihan:
Lingkungan yang kurang bersih akan mempengaruhi kesehatan induk dan anak-anak kucing, terutama yang baru lahir.

Stress:
pertumbuhan memerlukan tempat yang tenang dan waktu yang cukup. Meskipun setelah berumur dua bulan waktu tidur anak kucing mulai berkurang, kualitas tidur harus tetap terjaga.

Kualitas Makanan

Pada saat lahir, saluran pencernaan kucing sangat sesuai untik mencerna susu dari induknya. Seiring pertumbuhan, saluran pencernaanyapun berkembang sedikit demi sedikit hingga kurang/tidak dapat mencerna laktosa (gula susu) lagi.
Agar pertumbuhan dapat berlangsung sempurna, kucing harus mendapatkan makanan dengan kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral yang cukup dan seimbang. Selain itu makanan juga harus sesuai dengan perkembangan dan karakteristik pencernaan kucing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar